Sabtu, 14 Februari 2009

Berinternet Via Handphone

Dulu, internet adalah sebuah barang mewah dan hanya orang-orang yang berkedudukan atau berkepentingan yang menggunakan internet. Namun jika dibandingkan dengan sekarang, internet bukan lagi barang mahal, ia menjadi semacam trend yang digandrungi banyak orang. Mulai anak-anak sampai dewasa. Apalagi internet memberikan banyak manfaat bagi pengunanya. (masalah manfaat mudharat kita tetap berpegang pada prinsip : Senjata tergantung pada siapa yang ada dibelakangnya).

Beragam fasilitas internet bisa dinikmati melalui bermacam cara. Dial-up modem via telkomNet Instan, modem adsl, via satelite (VSAT), dan koneksi wifi/radio wireless. Ternyata, selain dengan cara­cara konvensional diatas, ada lagi cara yang lain yaitu melalui HP atau handphone. Cara pertama adalah menjadikan HP sebagai modem GPRS/HSDPA/3G dan yang kedua adalah menggunakan internet langsung dari HP-mu lho. . (heheheh kaya iklan aja)

Nah, kali ini akan saya tunjukkan cara mudah berinternet ria lewat ponsel. Pada prakteknya saya mencoba dengan kartu GSM IM3 dan ponsel Nokia 3230. Pada dasarnya kartu apapun bisa,asal sudah mendukung minimal koneksi GPRS. Kalau 3G tentu lebih baik lagi.

Persiapan

Untuk persiapan sediakan kembang 7 rupa, kopi pahit kopi manis, dan kue 41 macam (wkakwakwkakw emanknya mau ke dukun?hehehe) Sory becanda. Sedikan saja ponsel yang mendukung minimal GPRS, simcard dan segelas susu kalau anda kehausan atau using-pusing.hehehee.


Konfigurasi

Untuk konfigurasi silakan anda ikuti petunjuk berikut

1. Untuk pengguna IM3

Kirim sms ke operator dengan format : GPRS [spasi] Merk HP [spasi] Tipe HP

contoh : GPRS NOKIA 3230 dan kirim ke 3939

Nanti anda akan mendapat sms balasan berupa konfigurasi otomatis. Begitu anda menerimanya,langsung save saja.Selanjutnya buka browser default pada ponsel anda misalnya Web (icon gambar bola dunia) ketikkan alamat web yang ingin anda kunjungi ex : google.com, yahoo.com, detikinet.com dsb. Maka anda dapat menikmati internet dalam genggaman.

2. Untuk pengguna XL Jempol dan Bebas

Kirim sms ke operator dengan format : GPRS [spasi] Merk HP [spasi] Tipe HP

contoh : GPRS NOKIA 3230 dan kirim ke 9667

Nanti anda akan mendapat sms balasan berupa konfigurasi otomatis. Begitu anda menerimanya,langsung save saja. Berbeda dengan IM3 yang dapat langsung digunakan, maka untuk XL anda harus menelpon CS nya untuk dapat mengaktifkan GPRS. Silakan telpon ke no : 021-57959817 (Rp 399/panggilan). Bila sudah terhubung dengan CS nya tinggal bilang saja “Mas/Mba, tolong aktifkan GPRS saya. Saya sudah menerima konfigurasi dari 9667. No hp saya 081912345678.” Selanjutnya buka browser default pada ponsel anda misalnya Web (icon gambar bola dunia) ketikkan alamat web yang ingin anda kunjungi ex : google.com, yahoo.com, detikinet.com dsb. Maka anda dapat menikmati internet dalam genggaman.

3. Untuk pengguna kartu lainnya pada dasranya konfigurasinya sama saja. Seperti telkomsel (kartu As) dan lainnya. Tinggal anda cari berapa nomor tujuan untuk SMS konfigurasi GPRS-nya. Masa saya terus yang carikan???hehehe.

Penggunaan

Untuk penggunaannya silakan terserah anda. Biasanya, koneksi ini saya gunakan untuk cek email bila sedang di perjalanan yang tidak ada koneksi intenetnya. Atau baca berita di www.detikinet.com , http://banjarmasinpost.co.id dan www.kompas.co.id . Atau ingin berita seputar sepakbola indonesia di www.pssi-football.com, pokoknya terserah an


Pada dasarnya setiap phonsel terbaru dilengkapi dengan aplikasi Web terbaru yang mampu membaca halaman html dengan baik. Namun kadang-kadang halaman yang muncul terasa berat dan lambat. Bagaimana caranya jika kita ingin supaya loadingnya lebih cepat dan halaman tersusun rapi? Maka jawabannya adalah gunakan aplikasi OperaMini. Sekarang OperaMini sudah memasuki versi ke 4.0 tentu lebih sempurna dari versi sebelumnya. Untuk mendapatkan OperaMini silakan masuk ke webnya getjar. Caranya adalah :

1. Memalui ponsel

Buka Web anda, ketikkan wap.getjar.com dan carilah aplikasi OperaMini. Pilih download and Install, maka otomatis OperaMini akan di instal di phonsel anda.

2. Memalui komputer

Buka www.getjar.com kemudian download OperaMini. Selanjutnya masukkan ke memori ponsel anda dan instal melalui Explorer atau sejenisnya.

Selanjutnya silakan anda berselancar di dunia maya lewat ponsel anda. Terasa dunia dalam genggaman bukan???hehehehe.

Nah,demikian sekedar berbagi cerita dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa dukung pustakamaya kita di http://pustakamaya.ictbatola.net. Salam Pendidikan untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar